BERITA
  • 01 Januari 2022
  • 0 Komentar
  • 244 Kali Dilihat
Doa Bersama Lintas Agama Akhiri 2021 di Pringsewu

PRINGSEWU - Mengakhiri tahun 2021 sekaligus menyambut tahun baru 2022, Pemerintah dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pringsewu menggelar Do'a Bersama Lintas Agama, Jumat (31/12/21) petang.

Do'a bersama ini diikuti seluruh umat beragama yang ada di Kabupaten Pringsewu secara virtual dari tempat ibadah masing-masing, yakni umat Islam dari Masjid Darussalam, Komplek Pemkab Pringsewu, umat Katolik dari Aula SMA Xaverius, Pringsewu, umat Kristen dari Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan, Pringsewu Barat, umat Hindu dari Pura Giri Sutra Mandala, Mataram dan umat Budha dari Vihara Bodhi Citta, Pringsewu Timur.

Bupati Pringsewu Sujadi dan Wakil Bupati Fauzi, Kepala Kementerian Agama Pringsewu Ahmad Rifa'i, jajaran Pemkab, DPRD serta Forkopimda dan FKUB yang berada di Aula Utama Pemkab Pringsewu mengapresiasi FKUB Kabupaten Pringsewu yang selama ini turut berupaya mewujudkan Kabupaten Pringsewu menjadi daerah yang aman, damai, nyaman serta kondusif. "Adanya paham-paham yang perlu diluruskan, tentunya menjadi tugas dan tanggungjawab kita untuk meluruskan dan mendampingi agar menjadi warga negara yang ber-Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 ", ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan bupati kepada jajaran Forkopimda serta para pimpinan umat beragama yang telah sabar mendampingi dan membimbing umatnya sehingga Pringsewu menjadi tempat yang damai dan nyaman untuk beribadah.

Ketua FKUB Kabupaten Pringsewu KH.Mahfudz Ali pada kesempatan itu berharap melalui Do'a Bersama Lintas Agama yang mengusung tema 'Dari Pringsewu Untuk Indonesia Sehat dan Harmonis' ini dapat menjauhkan masyarakat Pringsewu dari segala bala' sekaligus memberikan kesehatan lahir dan batin. "Serta dapat menyehatkan komunikasi antarumat beragama dan antara umat beragama dengan negara", harapnya.

KH.Mahfudz Ali juga menyampaikan bahwa FKUB Kabupaten Pringsewu bersama Kementerian Agama telah mendirikan Saung Kerukunan Antarumat Beragama di Pekon Waringinsari Timur, Kecamatan Adiluwih. Hal ini merupakan upaya untuk mempererat silaturahmi dan rasa persaudaraan serta persatuan dan kesatuan, serta sikap toleransi antarumat beragama yang ada di Kabupaten Pringsewu, khususnya pekon setempat.

Sementara itu, anggota BPIP RI Haryono melalui video conference dari Jakarta menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada jajaran Pemkab Pringsewu dan umat beragama di Kabupaten Pringsewu yang menggelar Do'a Bersama Lintas Agama. "Apresiasi yang luar biasa untuk Pringsewu, dimana semboyan Jejama Secancanan yang berarti Bersama-sama Saling Bergandengan-tangan Untuk Membangun Daerah, tidak hanya sekadar menjadi semboyan, namun betul-betul dilaksanakan", ujarnya.

Pringsewu, kata Haryono, tidak hanya mampu merajut kebersamaan, tetapi juga indeks pembangunan manusia yang juga luar biasa. "Pringsewu ini bisa menjadi tauladan bagi daerah-daerah lainnya di Indonesia", katanya.

Selain kegiatan Do'a Bersama Lintas Agama, Pemkab Pringsewu juga mengadakan acara Refleksi Akhir Tahun serta Ekspos Capaian Kinerja Pemkab Pringsewu. (*/ Isnanto Hapsara)