BERITA
  • 21 Maret 2020
  • 0 Komentar
  • 118 Kali Dilihat
Fauzi Launching 1 Rumah 1 Kentongan

PRINGSEWU – Wakil Bupati Pringsewu DR.H.Fauzi, SE, M.Kom., Akt., CA, CMA melaunching program 1 Rumah 1 Kentongan. Program yang diinisiasi oleh salah satu anggota Bhabinkamtibmas dari Kepolisian Resor Pringsewu ini didasari bahwa keamanan merupakan kebutuhan yang mendasar dan faktor terpenting dalam memajukan suatu daerah.

Wabup saat melaunching program ini di Pekon Way Ngison, Kecamatan Pagelaran, Jumat (20/3/20) malam mengapresiasi upaya menghidupkan kembali budaya masyarakat Indonesia ini di Kabupaten Pringsewu, sekaligus berharap program ini dapat dilaksanakan di seluruh pekon di Kabupaten Pringsewu. "Untuk wilayah Pagelaran, saya harapkan setiap rumah harus ada kentongan, dan saya minta Pak Camat dan Pak Kapolsek dapat segera merealisasikannya, sehingga selanjutnya program ini dapat meluas ke kecamatan-kecamatan lainnya," harapnya.

Acara launching yang ditandai dengan prosesi pemukulan kentongan secara bersamaan ini juga dihadiri Plt Kadisporapar Suchairi Sibarani, Sekdis Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon Sugiyanto, Camat Pagelaran Bahruddin dan Kapolsek Pagelaran Safril Lubis.

Untuk diketahui, program 1 Rumah 1 Kentongan kali pertama digagas oleh Budi Satria, petugas Bhabinkamtibmas dari Polsek Pagelaran.

Menurut Budi, kentongan merupakan alat komunikasi tradisional paling efektif dalam menunjang keamanan masyarakat, namun kini seiring kemajuan teknologi sudah mulai banyak ditinggalkan.

Karena manfaatnya yang begitu besar dalam rangka menjaga kamtibmas, ia memiliki ide untuk menghidupkannya kembali, khususnya di Pekon Way Ngison yang menjadi wilayah binaannya. (*/ Anton Hapsara)